Kutim Siapkan Lahan 600 Hektare untuk Food Estate

SANGATTA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) akan membangun kawasan food estate. Sebuah konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Target itu akan mencakup kawasan seluas 600 hektare di beberapa kecamatan di Kutim.

Pemkab Kutim, akan menyiapkan lahan seluas 600 hektare untuk mewujudkan food estate. Kawasan ini akan menjadi pusat penanaman bawang merah, bawang putih dan kedelai. Mengapa tiga produk ini yang menjadi prioritas, karena ketiga komoditi ini rentan mengalami gejolak harga di pasaran.

“Jika peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu membantu para petani dan juga masyarakat di Kutim, “terang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dyah Ratnaningrum di sela-sela kunjungan mendampingi Bupati Ardiansyah Sulaiman panen sayur di Desa Bumi Sejahtera, Kaliorang, Jumat (25/11/2022).

Dyah menjelaskan bukan hanya segi penyiapan lahan, Distanak Kutim juga akan membantu pengadaan pupuk organik bagi kawasan food estate, bekerjasama dengan beberapa kelompok tani. Dyah Ratnaningrum juga akan mengajak perusahaan yang ada di Kutim berkontribusi terhadap pengembangan pertanian di Kutim. Selain itu peningkatan kapasitas dan kecakapan petani juga diperhatikan. Kemudian penerapan teknologi yang akan digunakan dalam food estate tersebut.

“Persiapan food estate ini harus terintegrasi dengan baik, semua faktor harus dipertimbangkan dengan matang, mulai dari penyiapan lahan, ketersediaan bibit unggul, sdm unggul, teknologi pemasaran, serta “branding”. Khusus produksi pupuk organik kita akan mencoba memproduksi sendiri dengan menggunakan probiotik dan sampah organik di sekitar kawasan, ” terangnya.

Dyah melanjutkan, untuk produk pisang gepok yang saat ini telah menjadi komoditi ekspor akan terus dikembangkan. Jadi bukan hanya buah segar yang diekspor, tetapi turunannya, apakah itu dalam bentuk keripik pisang, atau tepung pisang. Jadi ada nilai tambah yang diperoleh oleh para petani.

(BN03.wu)_(Adv.Diskominfoperstikkutim)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1