Samsun Soroti Maraknya Tambang ilegal di Kaltim

Foto : Muhammad Samsun wakil ketua DPRD Kaltim

Borneo Nusantara-Samarinda, Wakil ketua DPRD provinsi Kalimantan Timur ,Muhammad Samsun Menyoroti terkait maraknya aktivitas pertambangan di Kalimantan timur yang masih banyak melanggar regulasi.

“Walaupun Batu bara sampai saat ini masih berkontribusi besar terhadap pemasukan daerah, tapi juga perlu memperhatikan dampaknya kepada masyarakat,” ungkap samsun, beberapa waktu lalu.

Samsun juga mendorong agar perlu menyiapkan alternatif lain, seperti sektor pertanian dan perkebunan.Walaupun sektor pertambangan batu bara masih menjadi sektor penyumbang terbesar terhadap pendapatan daerah.

Politisi PDIP Kaltim tersebut juga menyoroti terkait maraknya pertambangan ilegal yang kerap terjadi di Kaltim.

“Nah, itu adalah bentuk kesalahan utama penegak hukum dalam menegakkan aturan yang ada.Padahal beberapa aturan sudah sangat jelas mengatakan bahwa tambang ilegal tidak boleh dilakukan, apalagi kalau sampai menggusur lahan pertanian warga,” tegas Samsun.

Di samping itu, perusahaan tambang yang sudah ada harus mengikuti aturan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kalau saja aturan soal tambang ditegakkan maka sektor pertanian akan meningkat dan sektor lainnya,” tutupnya. (Mujahid/Advertorial/DPRD Kaltim)(Bn).

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

83 − 79 =