Rudi Hartono : Pemberitaan Prestasi Tarik Minat Anak Jadi Atlet

SANGATTA – Ketua KONI Kutai Timur, H Rudi Hartono menghadiri pembukaan pelatihan wartawan olahraga yang digelar Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Timur, Kamis (28/3/2024). Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu restoran di Kutim. Pada kesempatan itu, dia mengatakan bangga sebab para wartawan di Kutim bersedia untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Jujur saya sangat bangga dengan kegiatan ini karena, kita berbicara prestasi olahraga itu tidak bisa hanya dilakukan oleh segelintir orang. Prestasi olahraga itu harus dilaksanakan semua sektor,” kata H Rudi Hartono.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini berarti kita juga didukung oleh teman-teman wartawan. Jadi harus semua bahu membahu untuk menuju prestasi olahraga yang lebih baik,” lanjutnya.

Ketua KONI Kutim juga menyampaikan dengan dilaksanakan kegiatan tersebut menandakan semua pihak, dapat membuka diri melihat pesatnya perkembangan olahraga khususnya di Kutai Timur.

Salah satu contoh dari berkembangnya olahraga di Kutai Timur kata Rudi adalah saat Porprov kemarin. Kutai Timur mampu menembus lima besar serta menyumbangkan beberapa atlet untuk mewakili Kalimantan Timur di PON.

“Kita juga tidak kalah dengan Kabupaten lain. Kita tepatnya urutan kelima. Walaupun hanya selisih satu dari Berau urutan pertama itu Samarinda urutan kedua itu Balikpapan, kemudian Kutai Kartanegara, Berau, kemudian Kutai Timur,” urai Rudi.

Tak hanya dilevel senior, atlet Kutai Timur di level junior juga memberikan prestasi yang membanggakan.

“Alhamdulillah anak-anak Kutai Timur U-13 itu bisa juara. Akhirnya mewakili Kaltim ke ajang Nasional dan Alhamdulillah, Kutai Timur juga membawa nama persikutim bisa menjuarai kejuaraan U13 di Jakarta,” ujarnya.

Tak sampai disitu, Rudi Hartono juga memamerkan prestasi atlet wanita. Dia mengatakan, Kutai Timur mampu mencetak atlet berprestasi untuk mewakili Kaltim dan Nasional.

“Dari 5 atlet yang lolos seleksi Nasional U-17, sepak bola perempuan Kutai Timur menyumbangkan 2 nama. Mudah-mudahan setelah seleksi nanti mereka bisa bertahan dan akan memperkuat Tim Indonesia di ajang kejuaraan asia U-17,” katanya

Dengan banyaknya potensi atlet berprestasi di Kutai Timur, H. Rudi Hartono berharap prestasi dapat terus ditingkatkan. Dia juga berharap, peningkatan prestasi ini dapat didukung semua pihak, termasuk para jurnalis di Kutai Timur.

“Kami Harap ya teman teman wartawan juga bisa banyak menyuarakan menulis sehingga ini akan menjadi pemacu anak, pemacu orang tua, pemacu juga para pelatih. Bahkan pemerintah juga akhirnya ikut mendorong kita untuk memberikan anggaran sehingga, prestasi itu bisa dicapai karena sadar atau tidak sadar bahwa prestasi itu tidak bisa kita capai tanpa adanya anggaran,” tegasnya.

“Kemudian saya juga berharap teman teman wartawan sudah punya kreasi tersendiri. Bukan hanya menulis di media mainstream tapi juga harus akrab dengan media sosial,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KONI juga mengungkapkan pentingnya pembibitan anak usia dini. Menurutnya, diperlukan peran semua pihak agar dapat mendorong anak menjadi atlet. Dan salah satu faktor yang dapat mendukung itu melalui media.

“Harapan kami bisa tersampaikan lewat media lain sehingga harapan kita bisa tercapai. Dengan adanya pemberitaan olahraga yang begitu masif maka akan menarik anak anak untuk berolahraga,” ungkapnya.

“Karena kita pahami sekarang, bukan hanya pendidikan formal yang mendukung untuk adik adik itu nanti bisa masuk ke dunia dunia kerja, Contoh sekarang banyak lembaga lembaga seperti TNI/Polri itu memberikan nilai lebih disaat anak-anak itu punya prestasi olahraga,” tandasnya. (*)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 − = 38