Agar Lebih Mandiri, DPPPA Kutim Gelar Pelatihan Keterampilan Bagi Kaum Perempuan

Foto Bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutim Bekerjasama Dengan DPRD

SANGATTA – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutim yang bekerja sama dengan DPRD Kutim, menggelar pelatihan bagi 46 kaum perempuan di lima kecamatan, yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon.

Kegiatan itu menurut Plt Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga Data dan Informasi DPPPA Kutim Adji Farmila Rachmi, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya kaum perempuan, agar bisa berinovasi dan lebih mandiri. “Kegiatan ini untuk kepentingan keluarga dan bisa menjadi nilai tambah bagi ekonomi keluarga,” katanya, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan pelatihan itu sendiri menurutnya, sudah dilaksanakan akhir bulan lalu di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan materi berbagai macam dan teknik keterampilan.

Adji Farmila bersyukur pelatihan peningkatan keterampilan tersebut berjalan lancar dan sukses. Adapun materi yang diberikan sebenarnya bukan hanya menjahit, namun cara penggunaan alat menjahit dan memanfaatkan kemampuan menjahit dengan mesin jahit.

Diharapkan, ke depan para peserta ini mampu meningkatkan kapasitas dirinya dengan terus berinovasi serta berkreasi untuk keluarga dan Kutim. Selain menjahit pelatihan itu dikemas dengan kegiatan fashion show, untuk meningkatkan kepercayaan diri para peserta. Sekaligus memperagakan hasil karya jahitan para peserta selama tiga hari dilatih oleh narasumber yang berkompeten.

“Pelatihan ini jadi agenda rutin di tahun berikutnya, juga bertambah dengan pelatihan make up dan potong rambut,” jelasnya.

Untuk tahun-tahun berikutnya, diharapkan pesertanya bisa menjangkau kecamatan lain. Sehingga kaum perempuan di Kutim bisa lebih meningkat lagi keterampilan dan keahliannya, dan mampu menopang ekonomi keluarga. (BN03.WU_adv_kominfo)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =