Pelajaran Berharga Usai Fesbol Merdeka Belajar di Kutim

SANGATTA- Sukses menyelenggarkan Festival Sepak Bola (Fesbol) Merdeka Belajar tingkat SMP se Kutim, Dinas Pendidikan (Disdik) akan mengevaluasi guna penyempurnaan kegiatan serupa di masa mendatang. Ada banyak pelajaran berharga yang diperoleh dari Fesbol Merdeka Belajar garapan Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim, Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (ASKAB) dan Kodim 0909/KTM yang berlangsung 17-22 November 2022. Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Fesbol Merdeka Belajar, Ilham sekaligus Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kutim saat penutupan di Stadion Kudungga, Selasa (22/11/22).

Jelang penutupan Fesbol, Ilham berdiskusi dengan beberapa Kepala UPT Pendidikan, para pelatih, ofisial dan manager tim. Termasuk dengan beberapa jajaran pengurus ASKAB. Dari perbincangan tersebut, ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan untuk penyempurnaan kegiatan Fesbol di masa mendatang.

“Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Diantaranya, dari sisi penyelenggaraan, rencananya setiap tahun. Kemudian pelaksanaannya akan disesuaikan di sekitar bulan Mei yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Selanjutnya durasi pelaksanaan coatching clinic lebih lama. Masukan yang terakhir adalah (turnamen) level SD,” jelas Ilham.

Antusiasme para peserta didik yang mengikuti kegiatan ini menjadi barometer pelaksanaan Fesbol yang lebih baik di masa mendatang. Untuk itu panitia akan terus menyiapkan beberapa narasumber yang berkualitas agar bisa mengakomodir keinginan para peserta.

“Masukan dari peserta bahwa materi yang mereka terima selama ‘coatching clinic’ yang dibawakan oleh mantan kapten timnas Ismed Sofyan sangat bagus. Namun disayangkan durasinya singkat. Untuk itu teman- teman dari UPT Pendidikan, ASKAB dan para manager menyarankan durasinya lebih lama,” jelas Ilham.

Selain pengetahuan tentang teknik bermain bola, pada kegiatan Fesbol ini, panitia bekerjasama dengan KODIM 0909/KTM untuk memberikan pembinaan mental, kedisiplinan dan jiwa korsa kepada peserta selama 5 hari di asrama SMA 2 Sangatta Utara. Jumlah peserta yang mengikuti Fesbol Merdeka Belajar sebanyak 234 peserta dari 13 kecamatan se Kutim.

(BN03.wu)_(Adv.Diskominfoperstikkutim)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =