Pelajar SLTA di Kutim Ditempa Pendidikan Wawasan Kebangsaan oleh Kesbangpol

Suasana kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan di hotel Royal Victoria Sangatta. (Ist)

Borneo Nusantara, SANGATTA – Sebanyak 150 pelajar diberikan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim yang bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Kutim. Kegiatan bertema memperkuat ” Kemandirian Bangsa Melalui PWK Bagi Pelajar Kaltim Guna Menyukseskan Tahapan Pemilu Serentak 2024 itu berlangsung di Ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria, Senin (27/11/2023) siang.

 

Saat membuka kegiatan, Kepala Badan Kesbangpol Kutim M Basuni mewakili Bupati Kutim, berharap pendidikan ini mampu menangkal berbagai pengaruh buruk dari dalam maupun luar negeri yang dapat mengancam lunturnya rasa cinta Tanah Air, persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seiring dengan kemajuan teknologi di segala bidang, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Berdampak luar bisa bagi kehidupan manusia karena segala informasi bisa dilihat, didengar dan diperoleh tanpa bisa dibatasi oleh ruang dan waktu,” ujar Basuni dihadapan Perwakilan Kapolres Kutim Ipda Ngatiyo dan para pelajar.

Ia mengatakan pertukaran budaya dan informasi berlangsung cepat. Begitu banyak pengaruh positif yang dirasakan, tetapi tidak sedikit pula dampak buruk yang dihadapi generasi sekarang atau yang dikenal sebagai kaum milenial.

“Pengaruh budaya asing dan informasi hoaks begitu kuat menerpa bangsa ini, diperlukan upaya bersama untuk terus memupuk rasa cinta Tanah Air dan persatuan bangsa,” imbuhnya.

Dirinya berpesan kepada para peserta, mari untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024 dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk memberikan suara kalian bagi masa depan bangsa yang lebih baik. Jangan Golput atau tidak memilih, karena hal itu akan mencederai demokrasi kita,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kaltim Syarifuddin Noor yang juga panitia acara menyampaikan pendidikan ini dapat memberikan pemahaman dan pengertian tentang pentingnya PWK bagi pelajar SLTA di kabupaten kota se-Kaltim. Serta untuk terus menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga dapat mencegah tantangan dan ancaman yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan berlangsung satu hari saja, di Hotel Royal Victoria. Dengan peserta berjumlah 150 Pelajar SLTA,” paparnya.

Biaya pelaksanaan kegiatan PWK bagi pelajar SLTA dibebankan melalui DPA – Perubahan SKPD Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim Tahun 2023. (Wu-Advertorial/Kominfo Kutim)(BN)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 54 = 58