Kasmidi Optimis Sektor Pariwisata Jadi Andalan Ekonomi Kutim

Foto:Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang

Borneo Nusantara, SANGATTA – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang menyampaikan optimisme sektor pariwisata di Kabupaten Kutim akan terus berkembang menjadi andalan ekonomi. Pernyataan itu disampaikan orang nomor dua di Pemkab Kutim saat di wawancarai insan pers belum lama ini, Senin (27/11/2023).

“Potensi pariwisata di Kutim sangat beragam dan tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, melibatkan aspek hutan, gunung, wisata bahari, dan wisata budaya,” katanya.

Pemkab Kutim terus mendukung pengembangan pariwisata dengan mengalokasikan anggaran yang cukup besar melalui beberapa instansi teknis yang berkaitan. Selain itu, Kasmidi Bulang juga memberikan instruksi agar dilakukan pelatihan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM), sebagai aktor utama dalam memajukan dan mempromosikan pariwisata Kutim.

Meskipun beberapa tempat wisata di Kutim berada dalam kawasan, hal ini dianggap bukan masalah besar. Menurut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, pemerintah tetap bisa melakukan intervensi dengan membangun berbagai fasilitas pendukung pariwisata, bahkan di dalam kawasan tersebut.

“Kan nggak papa, walaupun masuk kawasan kalau tempat wisata kan tetap boleh. Maksudnya tidak membangun untuk fasilitas pribadi. Selain itu, kan boleh di-enclave,” ungkapnya.

Dengan langkah ini, Kutim berupaya mengurangi ketergantungan pada sektor pertambangan dan merancang masa depan pembangunan dengan memanfaatkan potensi pariwisata yang melimpah.(WU-Advertorial/Kominfo Kutim)(BN)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 2 =